UMPalopo dan UNCP Jalin Kerjasama Program Revitalisasi LPTK

Rektor UMPalopo dan Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) melakukan penandatanganan MoU terkait Program Revitalisasi LPTK di Rektorat UMPalopo pada Kamis, 30 Mei 2024.

UNCP mengajukan proposal Program Revitalisasi LPTK, sebagai salah satu syarat perlu minimal dua universitas mitra yang memiliki Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dalam hal ini UNCP memilih UMPalopo dan Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja.

Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) adalah perguruan tinggi negeri atau swasta yang ditunjuk pemerintah untuk menyelenggarakan Program Sarjana Pendidikan (PSP) dan Pendidikan Profesi Guru (PPG) guna memenuhi kebutuhan pendidik yang berkompeten di Indonesia. LPTK terdiri atas perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Kementerian Agama. Sebagai lembaga pencetak guru berkompeten, LPTK sangat menentukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan, karena guru merupakan aktor penting dalam memajukan pendidikan Indonesia.

Saat ini ada lebih 1 juta guru belum tersertifikasi dan ada lebih dari 70 ribu guru pensiun setiap tahunnya. UNCP ingin menjawab tantangan ini melalui program ini. “Dipilihnya UMPalopo sebagai partner karena FKIP UMPalopo dianggap layak menjadi mitra yang nantinya akan bersama membuka program PPG yang berbeda program studi,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik UNCP, Irwan Ramli, S.Pd., M.Si., Ph.D.

Rektor UMPalopo, Prof. Dr. H. Suhardi M. Anwar, M.M., CIQaR., menyambut baik inisiasi kerjasama ini. “Kita ingin menunjukkan bahwa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Palopo maju dan berkembang dengan kolaborasi bukan sebagai pesaing,” jelasnya.

Sementara itu Dekan FKIP UMPalopo, Dr. Imam Pribadi, M.Pd.I., menyampaikan bahwa ini merupakan kesempatan yang baik dalam mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di Kota Palopo. “Di asosiasi FKIP PTMA (Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah) telah kami dapatkan pelatihan sekaitan penyelenggaraan PPG ini, namun kami belum eligible untuk mengusul program ini,” tutupnya.

Syahrir, S.Pd., M.Hum., selaku Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama UMPalopo mengatakan bahwa telah ada dokumen kerjasama antara UMPalopo dan UNCP, namun ini persyaratan pengusulan program dimana dokumen kerjasama spesifik menyebut perihal Program Revitalisasi LPTK, maka pertemuan kali ini menjadi ajang silaturrahmi antar antar dua PTS jiran di Kota Palopo.

Turut hadir pada penandatanganan MoU tersebut, Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sekretaris Universitas, dan Wakil Dekan FKIP UMPalopo.

Berita Terbaru

Manfaatkan Barang Bekas, Mahasiswa KKN-T dan Asistensi Mengajar Posko X Desa Baloli Bangun Batas-batas Dusun
March 27, 2024By
Rektor Lantik Pejabat dan Staf Struktural UMPalopo Periode 2023-2027
March 26, 2024By
Tumbuhkan Minat dan Bakat dalam Bidang Agama Islam, Mahasiswa KKN-T dan Asistensi Mengajar Posko XXIII Desa Bunga Eja Adakan Festival Anak Saleh
March 23, 2024By

Kategori

Archives

Related Posts

Leave a Reply