Ikut Andil Kembangkan Prodi, Dosen Praktisi Mengajar Prodi PWK Hibahkan Sejumlah Peralatan Penunjang Pembelajaran

Dosen Praktisi Mengajar Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota UMPalopo menyerahkan sejumlah peralatan penunjang perkuliahan untuk pengembangan Prodi PWK di Aula Rektorat pada, Selasa (16/1/2024).

Penyerahan ini dilaksanakan pada rangkaian kegiatan sosialisasi program Praktisi Mengajar 4 tahun 2024 yang diserahkan langsung oleh Ir. Erdin, S.T., M.Si., (Kabid. Sarana Prasarana dan Pengembangan Wilayah Bappeda Kota Palopo) dan Hendrik, S.T., M.S.P., (Tenaga Ahli Bidang Penataan Ruang dan Wilayah CV. Median Selaras Konsultan) selaku dosen praktisi di Prodi PWK UMPalopo kepada Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Dr. Rahmawati, S.E., M.Si., yang didampingi oleh Kepala BPP MBKM dan Wakil Rektor Bidang Akademik. Turut hadir pada kegiatan tersebut para Wakil Rektor, Dekan dan sejumlah dosen di lingkup UMPalopo.

Ir. Erdin, S.T., M.Si., menyampaikan jika hibah peralatan diberikan karena Prodi PWK sangat minim sekali fasilitas yang dimiliki sehingga kami selaku dosen praktisi ikut andil untuk mengembangkan Prodi PWK agar fasilitasnya bisa seperti Prodi PWK yang ada di kampus lain. “Semoga hibah peralatan yang diberikan dapat termanfaatkan dengan baik buat pengembangan Prodi PWK UMPalopo, harapannya kedepan semoga pimpinan kampus UMPalopo dapat menyediakan ruangan studio pemetaan buat Prodi PWK seperti Lab GIS dan Lab Tata Ruang yang sangat dibutuhkan untuk mendukung kajian dan dinamika perencanaan secara komprehensif khususnya dalam pengenalan dan implementasi aplikasi yang menggunakan data spasial. Dua lab tersebut akan melahirkan puluhan karya implementasi ilmu perencanaan wilayah dan kota untuk perencanaan spasial seperti pemodelan lahan, pemodelan dengan penginderaan jauh, kartografi, Sistem Informasi Geografis (SIG), dan akuisisi batas dengan RTK GPS,” ungkap Kabid Sarana Prasarana dan Pengembangan Wilayah Bappeda Kota Palopo ini.

Ketua Prodi PWK, Wahyu Hidayat, S.T., M.Si., menambahkan bahwa untuk menuju pendidikan perencanaan berbasis revolusi industri 4.0, Lab GIS dan Lab Tata Ruang memperluas konsentrasi risetnya pada bidang seperti kecerdasan buatan, big data, dan internet of things (IoT). Dengan kelengkapan alat analisis ini, Lab GIS dan Lab Tata Ruang diproyeksikan akan menjadi pusat riset yang unggul khususnya dalam penguatan alat analisis perencanaan wilayah dan kota. Semoga adanya Lab GIS dan Lab Tata Ruang Prodi PWK UMPalopo, nantinya bisa berkolaborasi lebih luas dengan SKPD pemerintah, khususnya pelatihan pemetaan berbasis GIS.

Adapun peralatan yang diserahkan antara lain, PC rakitan, proyektor, webcam, sejumlah buku tentang PWK, modem, dispenser, serta pembuatan brosur dan kalender PWK, yang jika ditotal mencapai angka 16 juta rupiah.

Berita Terbaru

UMPalopo dan UNCP Jalin Kerjasama Program Revitalisasi LPTK
May 30, 2024By
Manfaatkan Barang Bekas, Mahasiswa KKN-T dan Asistensi Mengajar Posko X Desa Baloli Bangun Batas-batas Dusun
March 27, 2024By
Rektor Lantik Pejabat dan Staf Struktural UMPalopo Periode 2023-2027
March 26, 2024By

Kategori

Archives

Related Posts

Leave a Reply