Uji Publik Calon Panitia Seleksi Satuan Tugas Pencegahan Kekerasan Seksual (PPKS) Univeristas Muhammadiyah Palopo

Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMPalopo mengadakan Uji Publik Calon Panitia Seleksi Satuan Tugas Pencegahan Kekerasan Seksual (SATGAS PPKS) di Muhammadiyah.Convention Center pada, Senin (15/1/2024).

Kepala LPKA UMPalopo, Halim Usman, S.E., M.Si., mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana karena dukungan dari pimpinan Universitas Muhammadiyah Palopo dan diharapkan agar SATGAS PPKS ini menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

Dr. Goso, S.E., M.Si., selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan instruksi dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi bahwa di setiap perguruan tinggi diwajibkan membentuk SATGAS PPKS.

“SATGAS PPKS harus dibentuk di satuan pendidikan sebagai bagian dari upaya untuk melawan kekerasan seksual”, ungkap Rektor UMPalopo, Prof. Dr. H. Suhardi M. Anwar, M.M., CIQaR dalam sambutannya.

Dekan FKIP, Dr. Imam Pribadi, M.Pd.I., Kepala Lembaga Studi AIK, Dr. Duriani, M.Pd.I., serta Sekretaris Universitas UMPalopo, Dr. Sri Rahayu Amri, M.H., termasuk calon Panitia Seleksi (Pansel) yang melakukan pemaparan pandangan serta melakukan tanya jawab dengan para panelis yang terdiri dari Rektor dan Wakil Rektor pada uji publik tersebut.

Ahmad Refki Saputra, S.M., M.M., salah satu calon Pansel yang mengikuti uji publik mengatakan bahwa dari data yang dikeluarkan oleh lembaga kanal negara, jumlah kekerasan seksual terus meningkat dari tahun ke tahun maka dibutuhkan satuan tugas yang bertugas untuk melakukan aksi nyata dalam pemberantasan kekerasan seksual. Harapan kedepannya agar euforia SATGAS PPKS tidak hanya sampai disini saja, melainkan terus ada dan bisa melakukan penyelesaian persoalan kekerasan seksual dan yang paling penting melakukan pendampingan terhadap korban kekerasan seksual.

Leave a Reply