Mahasiswa UMPalopo Unjuk Kebolehan pada International Conference on Management, Accounting, Economics, and Business (1ST ICONOMICS)

Universitas Muhammadiyah Purwokerto menjadi tuan rumah pada pelaksanaan International Conference on Management, Accounting, Economics, and Business (1ST ICONOMICS). Kegiatan konferensi ini berlangsung secara luring di Aula Syamsuhadi Irsyad Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan secara daring via Zoom Meeting pada Selasa (28/11/2023)

1ST ICONOMICS merupakan forum global yang menghadirkan pemikir terkemuka, akademisi, dan praktisi dari beberapa negara, seperti Thailand, Malaysia, Taiwan, dan beberapa negara lainnya. Sebanyak 193 peserta berkumpul untuk mendiskusikan peran kreativitas sebagai katalisator pertumbuhan ekonomi, inovasi keuangan, pengembangan kewirausahaan, dan penguasaan keterampilan teknologi di era yang terus berubah.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Wakil Rektor 3 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Drs. Ikhsan Mujahid, M.Si. Pada kesempatan tersebut, mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palopo turut serta sebagai presenter melalui Zoom Meeting. Para presenter tersebut adalah Mutmainna Mustafa, Adelia, Windi, dan Elsa Rahima. Keempat mahasiswa ini terlibat dalam kolaborasi riset dengan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMPalopo, yaitu Rahmad Solling Hamid, S.E., M.M., Sofyan Syamsuddin, S.E., M.Ak., dan Muh. Ikbal, S.E., M.Si., melalui kegiatan Hibah Riset Fundamental Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Makalah yang dibawakan oleh mereka membahas topik tentang gender dan entrepreneurship.

Menurut Ketua Program Studi Manajemen, Jumawan Jasman, S.E., M.M., kegiatan ini memiliki signifikansi penting dalam memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman di luar lingkungan kampus. Kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu elemen penting yang mendorong tercapainya Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi UMPalopo, khususnya bagi Program Studi Manajemen yang akan mengusulkan reakreditasi dengan target predikat Unggul. Lebih lanjut menurut Jumawan Jasman, S.E., M.M., bahwa keikutsertaan mahasiswa pada kegiatan International Conference bisa dijadikan sebagai pengganti tugas akhir (Skripsi) mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMPalopo.

Ketua Tim Peneliti, Rahmad Solling Hamid, S.E., M.M., menyatakan bahwa untuk mengikuti acara ini, mahasiswa perlu melalui proses perencanaan dan pembekalan yang sistematis dan komprehensif. Tim peneliti memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai tahapan penting dalam memulai riset serta penggunaan beberapa tools/aplikasi olah data seperti VOSviewer, Mendeley, Publish or Perish, SmartPLS, dan Nvivo yang digunakan untuk mendukung kegiatan riset bagi mahasiswa. Tentunya luaran dari kegiatan ini tidak hanya menghasilkan publikasi prosiding namun juga dapat dikonversi menjadi naskah Buku Referensi atau Monograf. 

“Dengan berakhirnya International Conference on Management, Accounting, Economics, and Business (1ST ICONOMICS) di Universitas Muhammadiyah Purwekerto, kami menyaksikan kesuksesan acara yang memperkokoh kerjasama dan pertukaran ide antara pemikir global, akademisi, dan praktisi. Partisipasi mahasiswa dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palopo dalam acara ini menegaskan komitmen untuk menggali pengetahuan dan berkontribusi dalam dunia akademis dan profesional. Semangat kolaborasi riset antara mahasiswa dan dosen menunjukkan kesinambungan pengembangan ilmu di lingkungan kampus. Harapan besar terletak pada dampak positif yang akan dihasilkan dari ide-ide cemerlang dan pengetahuan baru yang dipertukarkan selama konferensi ini, memberikan dorongan signifikan untuk mencapai tujuan pembangunan akademik dan penelitian di kedua universitas. Kita berharap momentum ini akan menjadi titik awal bagi kerja sama lebih lanjut dan prestasi gemilang di masa depan,” tutup Rahmad.

Leave a Reply