UMPalopo dan HMD Institute Gelar Workshop Internet Sehat dan Lomba Video Pendek Tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Luwu

UMPalopo bekerjasama dengan Dr. Husmaruddin, S.E., M.M., melalui HMD Institute melaksanakan kegiatan Workshop Internet Sehat dan Lomba Video Pendek Tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Luwu di Desa Lebani, Kecamatan Belopa Utara pada tanggal 24 sampai 25 November 2023.

Dr. Husmaruddin, S.E., M.M., saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan di Komisi E, yang juga merupakan dosen pada Pascasarjana UMPalopo ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi selaku Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dengan masyarakat khususnya peserta kegiatan yang berasal dari kalangan generasi Z dan bentuk kepedulian terhadap tumbuh kembang generasi muda Kabupaten Luwu ditengah derasnya arus informasi dan era disrupsi teknologi yang menitikberatkan pada pemanfaatan internet secara sehat. “Untuk tetap mampu produktif dan bertindak positif di era teknologi komunikasi dan informasi ini, kalangan generasi-Z membutuhkan kompetensi literasi digital,” ungkap Anggota DPRD dari Komisi E yang membidangi Pendidikan ini.

Rektor UMPalopo yang di wakili Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Bisnis, Dr. Goso, S.E., M.M., CFP., menyampaikan bahwa sinergitas antara perguruan tinggi dan pemerintah sangat krusial melalui kegiatan-kegiatan produktif dan positif khususnya bagaimana memanfaatkan peluang kemajuan teknologi dan mempersiapkan generasi yang compatible terhadap kemajuan jaman. Selain itu, melalui kegiatan ini juga menjadi ajang promosi prodi-prodi yang ada di UMPalopo bagi peserta workshop yang merupakan siswa SMA/SMK kelas XII.

Dr. Muh. Zainal S, selaku ketua panitia kegiatan melaporkan bahwa tujuan kegiatan pada dasarnya sebagai upaya untuk memfasilitasi siswa agar lebih cermat, cerdas dan bijak dalam memanfaatkan internet. Lebih lanjut Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (F-Saintek) UMPalopo ini menyampaikan bahwa kegiatan berlangsung selama dua hari, yakni Jumat dan Sabtu. Adapun materi yang disiapkan mulai dari sharing session mengenal lebih dekat Dr. H. Husmaruddin, S.E., M.M., “Si Anak Desa” sebagai salah satu politisi sekaligus akademisi sukses yang telah berkiprah kurang lebih 30 tahun memajukan desa, DPRD Kabupaten sampai dengan peran strategis di level DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dan Nasional. Kemudian kiat sukses, motivasi berkarir diberikan kepada peserta dan bagaimana menjadi pemilih cerdas dalam menghadapi kontestasi tahun politik serta pemilu dengan memanfaatkan hak politik yang dimiliki setiap individu dilanjutkan dengan workshop internet sehat serta lomba video pendek.

Turut hadir dalam kegiatan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI, sejumlah Kepala Sekolah SMA/SMK dan guru pendampingnya, Kepala Desa Lebani yang diwakili Sekretaris Desa serta mahasiswa pendamping dari UMPalopo yang terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Prodi Penyuluh Pertanian, Himpunan Mahasiswa Prodi Rekayasa Perangkat Lunak, Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Kelautan, dan Himpunan Mahasiswa Kreatif (HMK).

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoU antara UMPalopo dengan Pemerintah Desa Lebani yang difasilitasi oleh HMD Institute dengan fokus kerjasama bidang pengembangan pertanian, pengembangan dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi serta implementasi program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar (MBKM).

Leave a Reply