Mahasiswa KKN-PPM Kerja Sosial Posko XIII Lakukan Penanaman 1000 Pohon Mangrove

Luwu_KKN-PPM Kerja Sosial Universitas Muhammadiyah Palopo (UMP) Posko XIII Bersama Masyarakat Desa Bassiang Timur melakukan penanam pohon mangrove pada tanggal 17 Oktober 2020 di Pesisir Pantai Bassiang Timur, Kec. Ponrang Selatan, Kab. Luwu

Koordinator Posko 13 Desa Bassiang Timur, Basriyadi mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan utamanya daerah Pelesir.

Lebih lanjut ia menjelaskan jika pohon ekosistem pohon mangrove memiliki peran yang cukup penting khususnya bagi kawasan pesisir, baik sebagai benteng pertahanan terhadap resiko bencana maupun sebagai mata pencaharian alternatif melalui pengembangan industri pariwisata.

“Penanaman pohon mangrove ini merupakan program kerja yang kami tawarkan kepada masyarakat dan Alhamdulillah mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat. Harapan kami semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut, mengingat pentingnya menjaga lingkungan”. Kata Basriyadi.

Lanjutnya ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini.

Ditempat terpisah Kepala Desa Bassiang Timur menjelaskan bahwa penanaman pohon mangrove ini sangat bermanfaat mengingat wilayah Bassiang Timur yang berada di daerah Pesisir.

“Penanaman pohon mangrove ini sangat bermanfaat bagi desa kami mengingat wilayah desa kami yang berada di daerah pesisir. Kita paham bersama bahwa pohon mangrove memiliki fungsi yang sangat vital, yaitu sebagai pencegah abrasi dan erosi”. Jelasnya.

Ucapan terima kasih ia ucapkan kepada Mahasiswa KKN-PPM serta seluruh pihak yang telah berpartisipasi pada kegiatan penanaman mangrove ini.

Turut pula hadir pada kegiatan ini, Ketua Apdesi Kab. Luwu, Ketua KNPI Palopo Suparni Sampetan selaku Dosen Pembimbing Lapangan serta seluruh aparat Desa Bassiang Timur.

Leave a Reply